SITUASI HAM MASYARAKAT PRIBUMI PAPUA
Sejarah integrasi Papua Barat ke Indonesia sejak dulu dianggap ‘bermasalah’. Karena
disinyalir sarat dengan kepentingan negara kapitalis yang hanya
berorientasi ekonomi dan politik. Hal itu ditandai dengan
penandatanganan kerja sama penambangan emas, tembaga dan perak melalui
pendirian PT Freeport 1967 antara Amerika Serikat (AS) dan Indonesia dua
tahun sebelum penentuan status politik Papua melalui Pepera 1969.
Akibat
pendirian PT Freeport itu, berhektare-hektare hutan habis dibabat,
limbah industri tidak dikelola dengan semestinya, tanah warga dan hak
ulayat digusur, intimidasi dan teror terus menghantui masyarakat Papua
yang menuntut haknya, serta berbagai ketimpangan lainnya.
Tidak
berhenti di situ, untuk menjaga kepentingan pemodal (kapitalis)
pemerintah melakukan pendekatan militeristik dengan cara-cara kekerasan
dan represif. Pendekatan militeristik itu semakin menipiskan kepercayaan masyarakat Papua terhadap pemerintah Indonesia. Bahkan, kekerasan militer ini menimbulkan dendam kesumat bagi mereka yang menjadi korban kekerasan. Sehingga sulit memutus mata rantai kekerasan yang berlangsung terus-menerus di Papua
Kondisi
ini, diperparah dengan kesenjangan sosial antara masyarakat Papua
dengan masyarakat pendatang. Interaksi sosial yang tampak wajar dari
luar, sesungguhnya menyimpan kesenjangan. Di Papua beragam kultur dari
berbagai wilayah di Indonesia bertemu dan berinteraksi, namun hal itu
tidak dibarengi dengan penguatan kesadaran dan kepekaan sosial, sehingga
menimbulkan masalah sosial tersendiri. Akses ekonomi, pendidikan,
keterampilan, politik, dan berbagai bidang lainnya lebih didominasi
warga pendatang yang membangkitkan kecemburuan sosial.
Terms
’Indonesia’ sebagai pembuat dosa bisa masuk akal, karena Indonesialah
yang menyelenggarakan pemerintahan dan kebijakan di Papua.
Status Masyarakat Papua Pirbumi pada tingkat Nasional
Tanggal
9 Agustus sejak tahun 1994 telah diperingati sebagai hari bangsa
pribumi oleh lebih dari 370 juta masyarakat pribumi yang hidup di 70
negara diseluruh dunia. Peringatan ini menjadi bagian dari upaya badan
dunia untuk mempromosikan perlindungan hak-hak azasi manusia terhadap
masyarakat pribumi.
Di Indonesia, yang memiliki komunitas masyarakat pribumi dihampir setiap wilayahnya, ternyata tidak terlalu antusias dalam merayakan hari bangsa-bangsa pribumi ini. Terutama di Papua yang saat ini tengah menjalankan Otonomi Khusus, yang memberikan banyak peluang untuk keterlibatan masyarakat pribumi (orang asli) Papua dalam menentukan kebijakan pembangunan di Papua, tidak terlihat sama sekali pengakuan terhadap keberadaan orang asli Papua melalui sebuah kegiatan perayaan terhadap hari bangsa-bangsa pribumi ini. Bahkan, kantor perwakilan ILO yang ada di Papua yang melahirkan konvensi-konvensi tentang masyarakat adat dan bangsa pribumipun tidak membuat sebuah kegiatan untuk memperingati hari bangsa pribumi tersebut. Hal ini mungkin saja, karena Indonesia sendiri belum meratifikasi Konvensi ILO 107 tentang Bangsa Pribumi dan Masyarakat Adat (Indigenous and Tribal Populations Convention), 1957 atau Konvensi ILO 169 tentang Bangsa Pribumi dan Masyarakat Adat (Indigenousand Tribal Peoples Convention), 1989.
Terlepas dari sudah atau belumnya kedua konvensi tersebut diratifikasi, menurut Sekretaris Dewan Adat Papua, Leo Imbiri, peringatan hari pribumi ini tidak terlihat ramai diperingati karena kurangnya sosialisasi tentang hak dan kewajiban bangsa pribumi.
Di Indonesia, yang memiliki komunitas masyarakat pribumi dihampir setiap wilayahnya, ternyata tidak terlalu antusias dalam merayakan hari bangsa-bangsa pribumi ini. Terutama di Papua yang saat ini tengah menjalankan Otonomi Khusus, yang memberikan banyak peluang untuk keterlibatan masyarakat pribumi (orang asli) Papua dalam menentukan kebijakan pembangunan di Papua, tidak terlihat sama sekali pengakuan terhadap keberadaan orang asli Papua melalui sebuah kegiatan perayaan terhadap hari bangsa-bangsa pribumi ini. Bahkan, kantor perwakilan ILO yang ada di Papua yang melahirkan konvensi-konvensi tentang masyarakat adat dan bangsa pribumipun tidak membuat sebuah kegiatan untuk memperingati hari bangsa pribumi tersebut. Hal ini mungkin saja, karena Indonesia sendiri belum meratifikasi Konvensi ILO 107 tentang Bangsa Pribumi dan Masyarakat Adat (Indigenous and Tribal Populations Convention), 1957 atau Konvensi ILO 169 tentang Bangsa Pribumi dan Masyarakat Adat (Indigenousand Tribal Peoples Convention), 1989.
Terlepas dari sudah atau belumnya kedua konvensi tersebut diratifikasi, menurut Sekretaris Dewan Adat Papua, Leo Imbiri, peringatan hari pribumi ini tidak terlihat ramai diperingati karena kurangnya sosialisasi tentang hak dan kewajiban bangsa pribumi.
Konvensi
ini menganggap hak-hak mereka tetap diakui di dalam kehidupan
masyarakat luas di negara mereka tinggal. Bangsa pribumi dan Masyarakat
Adat dapat membentuk institusinya sendiri dan menentukan tahapan
pembangunan yang mereka inginkan. Konvensi ini juga menghimbau para
pemerintah untuk melakukan konsultasi dengan masyarakat adat dalam
mengambil kebijakan dan melakukan tindakan berdampak langsung kepada
masyarakat adat. Yang paling penting adalah memberikan kepada masyarakat
adat hak untuk berpartisipasi dalam proses pengambilan keputusan,
kebijakan atau program yang terkait dengan mereka. Pengakuan terhadap
bangsa pribumi dan masyarakat adat ini semakin dipertegas dalam sidang
resolusi PBB tanggal 23 Desember tahun 1994 yang menetapkan tanggal 9
Agustus sebagai hari internasional untuk bangsa Pribumi.
Meskipun
Indonesia belum meratifikasi konvensi-konvensi ILO yang berkaitan
dengan masyarakat adat dan pribumi, namun substansi yang ada dalam UU
No.21 tahun 2001 tentang Otonomi Khusus bagi provinsi Papua membuka
peluang besar orang asli Papua dan Masyarakat Adat untuk terlibat secara
aktif dalam proses-proses pembangunan di Tanah Papua.
Undang-undang
ini memberikan dasar hukum yang kuat bukan saja agar memprioritaskan
orang asli Papua sebagai subjek sekaligus objek pembangunan, tapi juga
kepada pemerintah daerah agar secara aktif mendorong keterlibatan
masyarakat adat dalam proses-proses pembangunan. Hanya saja, luas dan
jenis hak-hak masyarakat asli yang lebih terperinci tampaknya harus
dipersiapkan dan dituangkan dalam peraturan-peraturan yang melengkapi.
Apa dan siapa orang asli Papua serta Masyarakat Adat Papua harus
diperjelas dalam sebuah peraturan daerah khusus sehingga subjek dan
objek peraturan-peraturan daerah berikutnya menjadi jelas.
Untuk
kepentingan itu, ada baiknya jika uraian tentang apa dan siapa orang
asli (pribumi) Papua dan hak-hak masyarakat adat seperti yang tercantum
dalam instrument internasional ini bisa menjadi acuan substantif. Dengan
begitu, perlindungan hak-hak masyarakat asli tidak sekadar menjadi
nilai dasar yang mati, melainkan benar-benar akan menjadi jaminan
normatif bagi perlindungan masyarakat adat dan hak-hak mereka
Isu HAM Pada Masyarakat Pribumi
Pengibaran bendara Bintang Kejora masih terus menjadi terjadi di tanah Papua. Bendera ini masih menjadi
simbol bagi pengakuan dan perlakuan yang lebih baik bagi rakyat Papua. Pengibaran bendera yang dimaknai s
eparatisme oleh aparat TNI/Polri, sesungguhnya merupakan ekspresi dari ke frustasian dari jauhnya
harapan menjalani hidup yang lebih baik di tanah sendiri. Pemerintahan yang korup, sumber daya alam
berlimpah hanya jadi perahan "orang asing", sementara mereka hanya menjadi penonton dan `penikmat'
dari kehancuran alam yang terjadi. Belum lagi tindakan aparat TNI/Polri yang mengamankan investasi itu
telah berlaku selayaknya pengamanan swasta dibanding aparat negara.
Sepanjang tahun 2008 telah terjadi 4 peristiwa pengibaran bendera Bintang Kejora di Papua, yaitu di Sentani,
Wamena, Manokwari dan Fak-fak. Pada 16 Oktober pengibaran bendera Bintang Kejora di Yogyakarta,
Kamis (16/10), adalah bentuk dukungan pada kemerdekaan Papua. Simbol tersebut dikibarkan bersamaan
dengan digelarnya acara International Parliementer for West Papua di London, Inggris. Pada 19 Juli 2008 l
alu, terjadi pengibaran bendera Bintang Kejora di Fak-fak, Papua. Aparat kepolisian hanya menjamin para
tersangka untuk mendapatkan bantuan hukum, tidak mendapatkan tindakan penyiksaan serta perlakuan
yang merendahkan martabat manusia dalam proses pemeriksaan.
Masih bergolaknya berbagai peristiwa politik di Papua tak lepas dari belum terselesaikannya permasalahan
secara komprensif. UU No. 21 tahun 2001. Yang sedianya menjadi sandaran hukum untuk mengatasi
persoalan ekonomi, sosial, hukum dan politik di Papua masih belum cukup. Mandat menyelesaikan
permasalahan HAM di Papua belum dapat diatasi karena hingga saat ini pengadilan HAM dan KKR
di Papua belum terbentuk.
Berbagai Lembaga Swadaya Masyarakat terus mendorong dikedepankannya dialog antara pemerintah,
masyarakat Papua dan OPM untuk mencari solusi terbaik bagi penyelesaian berbagai permasalahan
di Tanah Papua. Pengalaman penyelesaian konflik di Aceh melalui Perjanjian Damai hendaknya menjadi
semangat untuk mencari jalan keluar terbaik untuk keadilan bagi masyarakat Papua. Tanpa pendekatan itu,
upaya internasionalisasi atas Papau rasanya sulit diredam.
Upaya Pemerintah Dalam Penegakan HAM di Papua
Dalam rangka penanganan permasalahan hak asasi manusia secara lebih terintegrasi dan komprehensif di Papua, pada
tahun 2006 melalui kegiatan monitoring dan evaluasi pelaksanaan Rencana
Aksi Nasional Hak Asasi Manusia, Keppres Nomor 40 tahun 2004, maka
pemerintah menyelaraskan pembangunan HAM yang lebih selaras dan
implementasinya lebih optimal. Dalam rangka perlindungan dan penegakan
HAM maka pemerintah Indonesia mengupayakan penyelesaian kasus-kasus
pelanggaran HAM yang masih tertinggal di Papua baik dari segi Hukum maupun kebijakan.
Dalam
rangka penghormatan hak asasi manusia upaya-upaya telah banyak
dilakukan baik berupa pembenahan peraturan perundang-undangan maupun
dalam rangka penegakan hukumnya. Sejak tahun 2005 telah dilakukan upaya
untuk mempermudah pemberian perlindungan HAM terhadap masyarakat yaitu
dilakukan dengan membentuk perwakilan Komisi Nasional HAM di tiga
daerah, termasuk salah satunya di Papua.
Program
lainnya yaitu pemerintah melalui pemerintah propinsi papua meluncurkan
Program Respek (Rencana Strategis Pembangunan Kampung), yang perlahan
tapi pasti program ini telah menjadi popular di kalangan masyarakat
kelas menengah ke bawah. Respek seakan menjadi “Dewa Penolong”
ditengah-tengah kesulitan yang dihadapi orang Papua. Program ini
merupakan program yang layak guna memandirikan masyarakat di kampung
dalam perspektif pembangunan.
DAFTAR REFERENSI
Allard K, 2003, Indonesian Human Rights Abuses in West Papua: Application of the Law of Genocide to the History of Indonesian Control’, Lowenstein International Human Rights Clinic, Yale Law School.
Dominggus A. Mampioper, 2008, UU Otsus Bukan Sekadar Besarnya Dana, Tabloid Jubi, Jayapura
J. Budi Hernawan, 2005, Kasus Theys : pelanggaran HAM?? Sekretariat Keadilan dan Perdamaian Keuskupan Jayapura, www.hampapua.org
John J. Boekoisiom, 2008, Tiga Tahun MRP dan Tujuh Tahun Otsus Papua, http://www.tabloidjubi.com
Komnas Perempuan, 2008, Urgensi Meningkatkan Peran Nasional untuk Penegakan HAM Perempuan Papua: Sebuah Langkah Awal, Sambutan dalam diskusi publik tentang Papua, 26 November 2008
Kontras, 2008, Evalusi Penegakan HAM, Catatan Peringatan 60 Tahun Deklarasi Universal HAM,
http://www.kontras.org
Sapto Pradityo, 2004, Selama Pemerintahan Megawati, Penegakan HAM Mandek, http://www.tempointeractive.com
Theo van den Broek, 2004, Pola Pelanggaran HAM di PAPUA,
makalah, disajikan dalam workshop “Genoside di Papua” yang
diselenggarakan oleh ElsHam Papua pada tanggal 13 Maret 2004, Jayapura
Victor Mambor, 2008, Hak-Hak Dasar Masyarakat Adat Papua ; “Nilai Dasar Yang Mati dalam Sebuah Undang-Undang” http://victormambor.wordpress.com
Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.
BalasHapusNama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.
Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.
Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.
Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut